Jelajahi Lereng Merapi Yogyakarta Sambil Wisata Alam Naik Jeep Offroad

Salah satu destinasi wisata alam yang wajib dikunjungi adalah lereng gunung Merapi di Sleman Yogyakarta dengan menggunakan Jeep Offroad.

Dan salah satu paket wisata alam minat khusus yang ditawarkan di Sleman Yogyakarta adalah lava tour menggunakan Jeep Offroad wisata.

Untuk melayani calon wisatawan pada libur akhir tahun ini Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) akan menyiapkan 1.000 Jeep Offroad untuk wisatawan.

“Ada 1.000 Jeep Offroad wisata yang siap melayani para wisatawan di lereng Gunung Merapi,” ujar AJWLM, Daldiri.

Daldiri mengatakan, Asosiasi Jeep Offroad Wisata Lereng Merapi (AJWLM) terdiri atas 29 basecamp yang tersebar di kawasan Kaliurang dan Kaliadem, Yogyakarta.

“Sebanyak 16 basecamp ada di kawasan Kaliurang dan 13 basecamp di kawasan Kaliadem,” tambah Daldiri.

Sebelum memberikan pelayanan untuk wisatawan, pengecekan kesiapan fisik kendaraan Jeep Offroad wisata dilakukan secara sinergis.

Antara Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata, pihak kepolisian Yogyakarta dan pihak-pihak terkait lainnya. Pengecekan mesin dan kelaikan jalan kendaraan rutin juga dilakukan.

Daldiri menyatakan asosiasi jip ini selalu berkoordinasi dengan pihak terkait demi keselamatan para wisatawan dan lancarnya perjalanan yang tergolong semi menantang ini.

Pada musim liburan ini, diperkirakan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan lereng Merapi di antaranya kawasan Kaliurang, Kaliadem dan sekitarnya.

Hal tersebut dikarenakan saat ini sudah terdapat kelonggaran yang signifikan dari aturan perjalanan Covid-19 sehingga menjadi fenomena positif terhadap minat wisatawan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Wasita menyatakan pihaknya telah melakukan edukasi yang intensif terhadap para pengemudi.

Tujuannya untuk mengutamakan keselamatan wisatawan. Pengemudi Jeep Offroad wisata harus mengedepankan pelayanan terhadap wisatawan dengan mengutamakan aspek keselamatan.

“Diharapkan minat wiastawan terhadap lava tour menggunakan Jeep Offroad wisata di lereng Merapi akan senantiasa menjadi kenangan yang tak terlupakan bagi wisatawan,” kata Wasita. ***

sumber: https://bogor-today.com/2023/08/06/jelajahi-lereng-merapi-yogyakarta/?singlepage=1